Monday, October 12, 2015

My story with you, LPDP (Pengalaman Plus Tips Hunting LPDP Scholarship)

Posted by Upiet at 3:44 PM

           Hai hai, gimana kabar? Baik? Alhamdulilllah. J
           Pada episode kali ini aku cerita tentang perjuanganku menaiki tangga demi mendapatkan beasiswa LPDP. Iya LPDP, yang katanya sekarang beasiswa paling booming, paling diincar mahasiswa semester akhir. Okedeh langsung aja ya, nanti di sini kan ada beberapa parts biar enak gitu bacanya. Oya, Kalo ada yang masih enggak ngerti apasih LPDP itu, sok silahkan buka disini ya guys? J
             Gini, awalnya dulu saya dapet info LPDP dari temen sekelasku di Sastra Inggris Universitas Negeri Malang, Evi Rani, dia dapet sms dan e-mail dari LPDP, yang katanya buat alumni BIDIKMISI (Alhamdulillah saya termasuk mahasiswa bidikmisi J) dengan IPK cumlaude bisa melanjutkan S2 lewat beasiswa LPDP, karena waktu itu Beasiswa Bidikmisi buat S2 dialihkan ke LPDP jalur Afirmasi. Sedihnya, kok aku gak dapet info ini ya? Apa gara2 IPK ku pas2an. Hik hik. Soalnya IPK ku cuman 3.50 Walhasil, setelah baca2 persyaratanya, ternyata ipk yang diminta 3,50-4,00, Alhamdulillah, seneng bukan main. Seenggaknya masih ada kesempatan buat daftar. Sudahhh, makin semangat aja pas mau ngisi formulir. Tapi setelah Tanya sana sini, Cuma beberapa temen temen bidikmisi UM waktu itu yang minat ikut daftar. Yang aku ngerti cuman Fida, Bang Muhaimin, sama Tutus. Setelah ngisi form, ternyata banyak berkas2 yang harus diurus guys, mulai dari Surat Rekomendasi dosen, Surat keterangan Penerima Bidikmisi,  Surat pernyataan bermaterai dari LPDP, TOEFL (watu itu belum minta ITP, kalau yang sekarang LPDP harus minta ITP, kalau yang DN min 400, kalau yang LN 450), dan yang paling penting Ijazah dan transkrip. Kebetulan waktu itu ijazah belum keluar, padahal pengumpula terakhir berkas tanggal 20 Agustus 2014, dan akhirnya saya cuma pakai SKL(Surat keterangan lulus) dari kampus. Sebenarnya hari itu ijazah sudah bisa diambil, tapi MasyaAllah, ngantrinyaaaaa puanjangan, RR udah kayak pasar pindah hehe. Sebenarnya, katanya waktu itu berkas cukup dikirim ke emailnya LPDP, tapi temen2 pada kirim lewat POS, yah akhirnya ngikut, waktu itu ngirim lewat POS nya UM. Kalau sekarang tinggal ngisi online, upload upload aja. Hehe.  Syudaahhh, akhirnya map coklat berisi berkas2 siap dilayangkan ke Jakarta, ke gedung Maramis. Bismillah tinggal berdoa, mugi2 lolos. Amiiiinnn……
                 Setelah berkas diproses, kita dapet email email dari LPDP buat nunggu pengumuman seleksi berkasnya. Sempat diundur2 pengumumannya waktu itu. Ndredeggggg, ketrima nggak yaaa? Sering2 buka email, ehhh belum keluar. Cek lagi, cek lagi belum ada.  Dan akhirnyaaaaa, tertanggal 25 Spetember 2015, pukul 07:43 saya dapet sms dari LPDP tentang pengumuman lolos seleksi berkas. Haduhhh, waktu itu lagi ngajar di kelas belum sempet buka internet, hati udah dag dig dug gak karuaaaan… penasaran. Huhu. Akhirnya salah satu temen saya kasih tau kalau aku lolos, tapi masih belum yakin kalau gak lihat sendiri. Pas kelas udah selesei, lariiii sudahh saya ke kantor. Langsung cek email, Alhamdulillah, LOLOS J. Ya Allah seneng rasanya. Setelah baca2 deretan nama2, ehhh ternyata temenku, bang Sahrul Romashon juga lolos, nihh gak bilang2 kalo ikut LPDP juga, ehhe. BTW selamat yo rul, prok prokk prokk.. J Dan malemnya sekitar pukul 22:10, LPDP kembali mengirimi SMS tentang jadwal dan lokasi wawancara dan LGD. Wih cepet banget udah tes. Siapkan amunisimu nak! Huhu Semangaaaaaatttttt J
                Untuk jadwal tesnya, aku dapat tanggal 22-23 Oktober 2014 di Surabaya, tepatnya di  UNAIR kampus C. wihhhh, proses buat tes ini bener bener butuh perjuangan banget guys. Sumpah ini perjuangan yang bener bener “Demi LPDP”, “Demi S2”, huhu, Sesuatu bingo. Heheh. Ceritanya, waktu itu, emmm rencananya sih mau ke Surabaya naik kereta tapi gak jadi, lupa kenapa waktu itu. Hehe, akhirnya, temenku, bang Muhaimin ngajak bareng, NAIK MOTOR, you know Malang Surabaya motoran, It takes time banget, and tiring so pasti coiii. Eh ternyata kita gak berdua, ternyata ada Ninuk sama Rohman, jadinya kita berempat berangkat. Cusssss, kita sore2 berangkat ke SBY, sekitar jam 4an. Sampe SBY malem, sekitar habis Isya’. Ada cerita lucu nih pas perjalanan OTW, kita sempet mampir ke warung, laperrr broo. Eh ternyata Rohman ngidam ….. itu makanan yang terbuat dari kerang, trus dikasih kuahh, erhhh kalau tau rupanya sepertinya tak tega buat makan, hahah. Tapi ada satu yang bikin saya sedih sesampai di SBY, teman yang katanya mau ngasih tumpangan tempat tinggal, mendadak gak jadi brooo.. hlooohhh, macem mane nihhh??? Harus cari tempat tinggal dong? Ini sudahh malemmmm bangetttt, dan ninuk ternyata sudah sama rohman, tinggal di buleknya rohman, dan bang muhai di temenya, hlahh aku? L…. Alhamdulillah waktu itu ada bang Muhai sama Rohman, mereka benar benar superhero gaesssss, dan saya akui ituuu. Entah kalau gak ada mereka, enggak ngerti wes. L KitaTanya sana Tanya sini, telpon sana telpon sini, muter muter, udahhh nggak tau itu muter kemana aja. Ya Allah, sumpah waktu itu nggak ngerti mau tinggal di mana, di asrama cewek gabisa, bisanya di asrama cowok, hlohh masak tega kita tinggal di asrama cowok? Ya Allah pie iki. Daaaaan akhirnya, setelah kesana kemari, mencari alamat, hehe, mencari kosan maksudnya, nemu deh, di rumah ibu2 tua yang berbaik hati. Nginep semalem, lumayan mahal se, tapi ndak papa selagi saya bisa tidur dan gak ngemper di masjid. Subhanallah perjuangan memang. Dannnn, kebetulan aku dapet jadwal tes dalam sehari buat wawancara dan LGD nya, yang lain dapet 2 hari kalau gak salah. Pagi itu, cieee pagi ituu bang Muhai sudah standby didepan kosan brooo, nungguin aku. Sungguh kebaikan bang muhai memang bener bener buaikkkk, yang jemput, nganter kesana kesini, ya bang Muhai ini. Nganter beli makan, semuanya. Makasih ya Bang. Hehhe. Thank you wes pokok e. Akhirnya, sampailah kita di gedung Unair, amunisi sudah siapp, tinggal bertempur brooo… hehehe. Bismillahirohmanirrohim. Hajarrrr Pittttt!!!!!
                     Sebelum tes dimulai, kita diberi pengarahan dulu, tempat tempatnya, kita juga dikasih brief info tentang LPDP, dan inget banget waktu itu kita disetelin video PK, kalo gak salah PK 16 dan 17, dannn ternyata kakak tinggatku ikut LPDP, di PK tersebut. Wihhh makin semangatttttt. Selesai pembukaan kita ngantri buat cek berkas, satu satu gaes, jadi harus ngantri. Setelah itu kita udah mencar, kita cari TKP kita masing2, ada yang wawancara dulu ada yang LGD dulu. Waktu itu aku dapet LGD baru wawancara, tapi wawancaranya masih luamaaa, akhir2. Jadi harus sabar nunggu. Waktu LGD sempet kenalan2 gitu, waktu itu kenalan sama bang Ramli, abang satu ini asli dari Lombok, ehh gak taunya kita sekelas pas program pengayaan di UPI(untuk ini nanti diceriatin disesi berikutnya ya? Hehe), trus ada lagi banyak, sampek lupa namanya. You know what, di setiap kali LGD, ada 2 psikolog yang bakal nilai LGD kita. Cara kita menyampaikan opini, attitude kita semua bakal di nilai oleh mereka. Kita sebelum mulai akan di cek satu2, dan diatur tempat duduknya juga. Bisa bayangin gimana? J sampek2 saya browsing tips2 pas LGD harus gimana, what you don’t and do, semua udah ane pelajari gaess. Hehhe. Dannnnn, yang bikin syok pas LGD itu pas dapet tema Ketahanan Pangan di Indonesia, Sumpahh I know nothing about this topic. Heu. Soalnya temen2 yang udah LGD bilang topiknya tentang pemimpin ideal. Kalo ini mah general, hlahh kalo ketahanan pangan? Heuu, it’s challenging you know, hahha. Okedeh sikaaattt brooo. J taraaa, pas kita mulai diskusi, aku mulai sadar ternyata satu2 nya peserta yang dari jawa cuman saya, yang lain dari luar jawa semua. Weleeeee, J FYI, setiap satu grup biasanya terdiri dari 6-7 orang, dan waktu itu saya cuma peserta aja, diskusinya dipimpin sama bang Ramli. Well, semua pada cerita tentang keterbasan pangan di daerah masing2, dan di sana memang wajar untuk topic ini, terutama bagi yang daerah 3T kan? Wihhh saya gak mau kalah, saya juga ekplore di daerah saya hahahha.. syudahhh sekitar 30 menitan diskusi, kitaa diijinin keluar. Buat info aja sih, untuk topic2 LGD itu macem2 gaes, biasanya tentang isu2 terhangat di Indonesia gitu, jadi sering2 update dan cari berita, baca2 buat nambah pengetahuan. Hehe. Dan buat tips LGD, kamu gausah terlalu dominan, selow saja, be natural katanya. Gak usah yang sok, menunjukkan kalau kamu itu emang2 bener2 cucok jadi leader, nehiikkk. Hahha. Pokoknya, sewajarnya saja, kalau opini kita gak diterima, gak usah ngotot ngeyel MENYANGGAH, let it flow gaes. OK? J
                         Daaaan, ini yang ditunggu2 tiba, setelah ngantri berjam2 gaess, ndredeg bukan maen di depan pintu ruang wawancara. Di sini ketemu sama pak Kamil loh gaes, kalo kamu nanti ketrima LPDP juga, amin, kamu bakal ketemu sama pak Kamil ini, beliau PIC PK (Bahasan ini ada di sesi PK gaes, coba obrak abrik di list ya? Hehe). Nahh, asal kamu tau aja, lucu2 sih temen2 yang mau wawancara, ada temen dari UNEj, sebelum masuk di praktek ngomong dulu di luar, menyiapkan pertanyaan2 prediksi trus dijawab2 sendiri. Hlahh, makin bikin ndredeg aja mas ini. Ehhehe. Ada lagi yang dari tadi baca doa terus.. duh macem2, ada yang ngobral ngobrol buat menghilangkan nerveous. Sumpahh, saya akui rasanya emang seperti mau disidang. Hahha ndredeg, Ujian Skripsi aja kalah ndredegnya. Hahha. Satu2 persatu gentian, ada yang keluar ditanya, gimana gimana mbak mas? Di dalem gimana? Ada yang wajahnya sedih, ada yang seneng. Ehhh ada isuuuu, kalo di dalem ditanyanya pake bahasa inggris lohh, heuu… yahh InsyaAllah bisa lah, piye wong alumni sasing. Haha. Ehh, di sini aku juga ketemu dan bareng sama Gresia, temen satu kampus, tapi beda jurusan. Anak Sedesa broooo. Dan sekarang jadi temen sekamar di Bandung J heheh. Syudahh syudahh, balik ke topic awal.
                          Taraaaa, setelah nomer antrian tiba, masuklah akuu ke ruangan. Wiiiii, merinding hahha. Dag dig dug bukan main…. Bismillah. Dari kejauhan sudah disambut 3 orang di ujung. FYI, di sesi ini, ada 2 profesor, dan satu psikolog yang bakal meng-interview- kamu kamu. Di sini kamu gabisa bohong, kalo bohong bisa ketauan nanti, jadi kuncinya BE HONEST gaes, sing jujur, opo ono e ae. Kalo ditanya jawab yang tegas, jujur dan meyakinkan. Pertanyaanya sih seputar antara kamu LPDP dan masadepanmu untuk LPDP, hweheh… dan bener banget, waktu itu dibabat habis pake bahasa inggris coiiiii. Yahhh walaupun bahasa Inggris saya segini2 aja, hihi. What I still remember about that day is, … saya ditanya mengenai essay yang saya tulis, itu ditanyain. Disitu ada 2 profesor, yang paling banyak nanya itu bapak2, katanya beliau lulusa Jepang coi,, wihhh keren kan?, yang satunya ibu2 agak tua tua. Beliau bagian ngetik2 gitu. Yang saya ingat, dulu ditanyain, “why did you choose this campus?“, what are you doing after graduating from master degree?”, pokonya kuasai formulir kamu, CVnya itu, soalnya aku sempet cantumin tulisan2ku yang kemuat di Koran, untungnya ku bawa pas interview, trus ditanyain, dibaca2 sama bapaknya. They were very kind gaes.. ramah2 gitu, jadi nervousnya hilang. Satu lagi yang lucu nih, pas habis jelasin ini itu, blaaa blaaa blaaa, ditanya nih gaes, when is the global era?, erhhh, aku jawab 2020. Hahha, and you know, Who said?, It’s next year, 2015. Hello kemana aja neng? Hahah.haduh memalukan. Wahh keliatan gak pernah baca2 nih. Hihi. Jadi buat kamu pas tes, perluas knowledgmu gaes. Hehe. Kalo pertanyaan dari bu psikolognya sih seputar diri kita. ibunya cantik dan kalem waktu itu. Ditanya, kalo kuliah jauh dari orang tua gimana? Well, juju raja, udah kebiasaan jauh bu, jauhnya Turen-Malang ehhe, s1 juga udah nggak tinggal di rumah. Dannnn, 45 menit terasa begitu cepat. Enggak tau kenapa setelah keluar dari wawancara yakin banget kalo aku lolos LPDP ini. FYI aja, katanya bobot wawancara lebih banyak ketimbang LGD, 60%:40% gitu. Selesai sudahh perjuangan hari ini. Cukup menantang bro. heheh
Dan akhirnya pulang menununggu pengumuman.
Singkat aja, tepat pukul 11:09, 30 Oktober 2014.
Saya dapet SMS dari LPDP
Dear Pendaftar BPI Afirmasi. LPDP telah menerbitkan pengumuman lulus wawancara dan LGD melaui email dan website.
Hwaaaa….. makin ndredeg, lebih ndredeg dari pengumuman seleksi berkas broo…
Alhamdulillah, perjuangan tidak pernah menghianati hasil.
Saya LOLOS sebagai awardee BPI AFIRMASI LPDP.
Puji syukur saya ucapkan kepada Allah SWT, bapak ibuk saya, temen temen tercinta, seperjuangan, dan LPDP. Semuanya terimakasih.
Dan demi LPDP saya harus meninggalkan kota apel ini untuk sementara, untuk mengikuti pesiapan keberangkatan (PK). Saya ikut PK 27 waktu itu di jogja, dan Program Pengayaan Bahasa di Balai Bahasa Upi, Bandung. For more stories, let’s we share in the next session.


Baiiiii baiiii, siiiyuuu :D
Oya, Feel Free, kalo mau ada pertanyaan.
Just drop me a message by email or WA. 
fithrirusman@gmail.com/089619993464

0 comments:

Post a Comment

 

Upiet Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review