Monday, November 30, 2015

Cara Mengurus Paspor ONLINE (Pengalaman Mengurus Paspor di Kanim Malang)

Posted by Upiet at 4:18 PM
Hai…Haiiii..
Mau pergi ke luar negeri? Mau Ngurus Paspor?
Ini ada pengalamanku waktu mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Malang InsyAllah untuk studi S2 di Australia February nanti. Buat kamu yang tinggal di Malang, Kanim terletak di jalan R. Panji Suroso No. 4, Malang, 65126. Kamu tahu masjid Sabilillah? Itu terus aja, ikutin jalan yang mau ke Singosari, nah nanti kamu ketemu Fly Over, dibawahnya fly over ada pertigaan, kamu belok kanan, terus belok kanan lagi, tempatnya kurang lebih berseberangan dengan Pengadilan Agama Malang. Kalo gak ngerti tanya2 Pak Polisi di situ seperti aku waktu itu. Hahaha. Katanya bertanyalah biar tak tersesat, yaudah. :D  Emm, yang penting sebelum berangkat cari di Google Map biar enak. Atau ajak temen kamu yang pernah ngurus Paspor.
            Okedeh, berikut nih langkah2 yang bisa kamu lakukan. Oya ini aku mengurusnya ONLINE bukan manual. Jadi disesuaikan aja. Enaknya kalo ngurus online, kamu gak ribet gaes, gak ngantri2 lama, cuman isi data lewat net terus datang ke kanim foto plesss “wawancara”. Kalo manual hampir sama, cuman kamu urus sehari itu dari ambil formulir pagi2 trus ngantri2 buat foto dan sebagainya itu. Kalo menurutku mending kamu ngurus lewat Online aja, biar cepet. Nah, coba simak penjelasanku berikut ini deh.
1.      Siapin Berkas
Berkas2 yang dibutuhkan untuk mengurus paspor cukup KTP, KK, dan Akta Kelahiran. Siapin ketiga berkas itu plesss fotocopyiannya yang digunakan untuk nanti mengurus di kanim. Fotocopinya guasah banyak2, soalnya yang dibutuhin pas di TKP cuman satu aja.
Oya mau ngingetin, kalo ada data kamu yang salah di ketiga berkas tsb, entah nama, tempat tgl lahir, atau apapun itu, mending kamu urus dulu deh. Soalnya pengalaman waktu aku ngurus kemarin, ada bapak2 datanya salah, jadinya pas di TKP gak bisa ngurus, dan harus dibenerin dulu sesuai aslinya. So pasti bakalan ribet soalnya harus bolak balik ke sana kemari.  
2.      Isi Data ONLINE

Kalo udah siapin berkas, Buka site ini http://www.imigrasi.go.id/ . Pertama2, kamu ajukan pra permohonan paspor. Klik klik, kamu ngisi data2 sesuai berkas2 yang udah kamu siapain tadi. Isi selengkapnya, jangan sampe ada yang salah atau kelewat. Pokoknya kalo udah diisi semua klik “lanjut” terus sampe kamu ke tahap transfer ke bank BNI. sebelumnya kamu bakal ada pemberitahuan lewat email dulu.
Kalo dulu katanya ada perintah upload berkas, kalo sekarang gak ada, lebih simple.
3.      Bayar di Bank
Nah, kalo kamu udah ngerprin Bukti Pengantar ke Bank. Like This.

Kamu datang ke BANK BNI terdekat buat bayar. Harus di Bank BNI, soalnya udah aturan dari sononya.  Bilang deh  sama petugasnya mau bayar pengurusan paspor. Nanti kamu bakal diminta suratnya tadi. Biaya ngurus paspor semuanya Rp.360.000, Rp. 300.000 biaya paspornya, Rp 55.000 buat Jasa TI Biometrik, plus Rp. 5000 buat biaya admin Banknya. Habis membayar kamu dapet Bukti Pembayarannya 2 rangkap. Bukti ini digunakan untuk melanjutkan isian Online istilahnya konfirmasi dengan memasukkan nomer JURNAL BANK(ada 6 digit). Jangan lupa bukti pembayaran itu kamu bawa ke Kanim. WAJIB!
4.      Tentuin tanggal hadir ke Kanim.
Habis bayar di bank, kamu cek email kamu. Ada email dari SPRI yang menyatakan kamu udah transfer, ada penjelasan banyakkkkk, bla bla bla, sampe kamu nemu tulisan LANJUT. Klik dah, dan ikuti, isi nomer jurnal bank kamu, pilih tanggal kapan kamu bisa datang ke kanim. Kalo udah selesai, ada email masuk lagi yang ngasih lembar konfirmasi buat kamu donlot. Kamu bakal dapet lembar tanda terima pemohon yang WAJIB kamu bawa ke KANIM plus formulir, tapi nanti formulir yang dipake formulir yang dikasih waktu di Kanim.

5.       Datang ke kanim sesuai jadwal yang udah kamu pilih.
Saranku kamu datang pagi2 biar gak ngantri, cepet selesai, terus pulang deh. Hehehe. Apalagi buat kamu yang mau ngurus manual. Syudahhh mruput saja. Hahha. Waktu itu aku tiba di TKP jam 7.30, itu sudahhh rame. Kirain udah dapet nomer antrian mbuntil alias kancrit eh ternyata kalo ONLINE gak pake nomer antrian gaes. Jadi buat yang ngurus manual aja yang harus ambil nomer antrian. Buat yang manual jam set 8 udah nyampe antrian 30 lohh, bisa ngebayangin nunggunya ntar?
Hehe. Well, petugasnya datang masih pukul 8an lah. Buat kamu yang ngurus online, udah kamu standby aja di depan pintu Customer Care. Nanti dipanggil, “Yang Online, yang Online” hehhe. Entar di situ nanti kamu dicek berkas kamu, KK, KTP, sama Aktamu, jangan lupa udah di fotocopi ya gaes sama aslinya juga WAJIB dibawa. Biar cepet. Sebenernya ada sih tukang poto kopi, cuman kalo udah disiapin kan tinggal set settt settt. Hahaha. Kamu bakal dapet map kuning, ada tulisan besar di depanya GRATIS :D. Kamu disitu dapet blanko buat diisi, blankonya persis kayak yang kamu donlot sehabis transfer. Kamu juga dapet surat pernyataan yang wajib kamu tandatangani pake MATERAI. Waktu itu lupa gak bawa materai, tapi ada yang jual kok, harganya Rp. 8000. Ya buat jaga2 mending disiapin aja dari rumah.
Udah di cek semua? Buruan ambil nomer antrian foto+wawancara di didalam kantor. Minta sama bapak2 yang ngurusin, bilang kalo kamu ngurus online. Ada macem macem urutanya, A B C D E. Setauku yang A buat yang manual, C buat yang Online, dan E buat pengambilan. Kamu nanti bakal dapet kayak gini kalo online.
Hlahh untungnya dapet nomer antrian 3(buat yang online) jadi nunggunya gak teralu lama. Untuk foto nanti dicampur sama yang manual. Dipanggil satu2, tapi enaknya kalo ngurus online cepet. Kalo kamu udah dipanggil, masuk ke ruang foto untuk diambil foto plus ke sepuluh sidik jari. Eitss, buat yang pake jilbab, alisnya harus keliatan, gak boleh kepotong, jadi waktu itu sama petugasnya(namanya mbak Ajeng, mbaknya cantik, pake kacamata :)) diminta untuk narik kebelakang biar wajahnya keliatan semua, hehehh. Udah habis itu kamu disuruh nunggu antri wawancara.
Gausah takut, wawancaranya gak nyeremin kok. Cuma ditanya ngurus paspor buat apa. Kalo kamu buat studi lanjut ya bilang, mau studi kemana. Tapi kebanyakan yang ngurus itu bapak2 ibu2 yang mau umroh. Heheh jadi penuh sama bapak2 ibuk2, heuuu :D. disitu kamu disuruh cek data, udah bener belum. Kalo ada yang salah biar dibenerin. Udah kelar?
Kayaknya gada 5 menit, soalnya cepet banget. Habis dicek2 dikasih stempel PENGAMBILAN PASPOR.
6.      Pengambilan Paspor.
Paspor jadi dalam 3 hari sesudah kamu foto pless wawancara. Aku ngurusnya tanggal 23 November 2015 dan jadinya tanggal 26nya, 3 hari kerja baru jadi. Jadi kamu datang ke Kanim lagi, ambil nomor antrian. Tunggu deh, sampe dipanggil. Kalo pengambilan lebih cepet dibandingin pas ngurus kemarin2. Jatah maksimal pengambilan paspor itu 30 hari, jadi kalo sibukk terus gak sempat ngambil boleh kapan2 asal gak lebih dari 30 hari tsb dan gak boleh diwakilin karena akan ditanya2 tentang pemilik paspos ysb. Dan, Taraaaaaaa…. Paspor sudah ada ditangan.
Selamat melanjutkan petualangan dan perjuanganmu di luar negeri.

Okedeh Sekian, semoga bisa membantu yaaa?.
Ada pertanyaan? Hehe
Udah dulu….
SIYAAAAAAA

:D

0 comments:

Post a Comment

 

Upiet Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review